New Vios, Wajah Baru, Keandalan Baru

sumber : Suara Pembaruan-TAM

Hadirnya sejumlah varian baru di kelas sedan di Indonesia, tidak menyurutkan langkah PT Toyota Astra Motor (TAM) ingin terus memimpin kompetisi. TAM optimistis, pasar sedan ikut tumbuh seiring dengan meningkatnya, penjualan mobil secara keseluruhan yang tahun ini diprediksi melebihi 600.000 unit atau naik sekitar tujuh persen dari tahun lalu.

Bagi TAM, New Vios akan menjadi andalan untuk memimpin pangsa pasar kelas sedan yang kontribusinya mencapai lima persen dari total penjualan mobil tahun lalu. "New Vios menjadi leader dalam penjualan di kelasnya, bersaing dengan Honda City, Suzuki Baleno, dan Chevrolet Kalos. Minimal harus menguasai 40 persen penjualan," kata General Manager Marketing TAM Widyawati baru-baru ini.
Breach of Trust
Menurutnya, tanda-tanda New Vios diburu konsumen sudah mulai terlihat. Buktinya, dua pekan sejak dirilis, mobil berkapasitas 1.500 cc itu mendapat 300 surat pemesanan kendaraan (SPK). Sebulannya, TAM mendapat pasokan New Vios dari pabriknya di Thailand sekitar 250 unit. Namun, pengiriman tahap awal tidak sebanyak jumlah tersebut. Sebab, indennya bisa dua bulan.

New Vios merupakan generasi kedua dari Vios yang dirilis pertama kali di Indonesia pada 2003 lalu. New Vios yang diluncurkan awal April lalu itu juga memperkenalkan New Vios versi TRD.

Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan mengungkapkan, varian baru itu siap memantapkan posisi Vios sebagai pemimpin pasar sedan entry (miniprivate sedan).

Menurutnya, sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003, Vios adalah salah satu pemain utama pasar mini sedan nasional. New Vios sebenarnya hadir sejak 2007, dan hingga tahun ini, tercatat selalu memimpin pasar di kelasnya. Bahkan pada 2010, penguasaan pangsa pasar New Vios di atas 55 persen. "Kondisi ini membuktikan kepercayaan pelanggan yang besar akan kendaraan yang terkenal sebagai fuel saver dan speed maker ini," ujarnya.

New Vios hadir dengan empat pilihan tipe, yaitu New Vios TRD Sportivo A/T yang dibanderol dengan harga Rp 254,4 juta (OTR), G A/T senilai Rp 232,2 juta, G M/T (Rp 219,4 juta), dan tipe E M/T (Rp 206,4 juta).

New Vios sebenarnya adalah wajah lama berbaju baru. Sebab, masih mempertahankan sejumlah fitur-fitur kenyamanan yang sudah ada sebelumnya, seperti Smart Stop/Start Button, Smart Entry, serta Steering Switches yang membuat pengemudinya lebih leluasa dalam memilih lagu dan mengatur volume langsung dari setirnya (tipe G). Boleh diakui, fitur keselamatan New Vios terlengkap di kelasnya, terutama adanya front lamp berteknologi HID dengan Automatic Headlamp Levelling membuat pengendara semakin aman berkendara di kondisi apa pun serta Rear Parking Sonar untuk memberi kemudahan pada saat parkir. Dapur pacu 1NZ-FE berteknologi VVT-i dilengkapi ETCS-I Technology (Electronic Trottle Control System with Intelligent) juga merupakan salah satu keutamaan New Vios. Baju baru warna baru Blackish Red Mica dan Light Blue Metallic melengkapi pilihan warna Vios sebelumnya, yaitu Silver Metallic, Medium Silver Metallic, Black Mica, dan Beige Metallic.

Hemat BBM

Klaim Johnny bahwa New Vios hemat BBM dijajal dalam kegiatan "Impressive Journey with New Vios" rute Jakarta-Bandung (pp) pekan lalu. Tercatat, Vios GA/T hanya mengonsumsi 1 liter bahan bakar untuk 13,05 kilometer (km). Vios tipe ini ternyata bisa melaju konstan dengan memainkan rpm pada angka 2.000-3.000, mobil tetap saja bisa melaju di kecepatan rata-rata 80-100 km/jam. Vios GM/T tipe manual tercatat menguras bensin 1 liter untuk 15,43 km.
Live At The Troubadour [CD / DVD Combo]
"New Vios TRD Sportivo datang khusus untuk menjawab tantangan para eksekutif muda yang mapan dan modern, yang menggemari kendaraan eksklusif, namun tetap dinamis, serta efisien, namun tetap nyaman dipacu," tesas Johnny.

Tak hanya sisi efisiensi dan performa, untuk semakin mengedepankan karakter sebagai kendaraan yang pas bagi para eksekutif muda, New Vios kini tampil semakin impresif dan dinamis melalui beberapa sentuhan pada eksterior, seperti perubahan desain gril depan, lampu belakang, dan interior (warna dan desain baru). Tak berhenti di situ, TAM juga menghadirkan New Vios TRD yang lengkap dengan body kit TRD eksklusif dengan nuansa dinamis, serta fasilitas audio-video AVX Navy Ready.

Widya mengatakan, dengan keandalan itu, TAM sangat yakin Vios mendapat jaminan dari loyalitas para penggunanya. Apalagi, pihaknya masih menyimpan data para pemilik Vios yang siap mendapat informasi terbaru tentang New Vios. "Banyak di antara mereka yang sudah saatnya mengganti dengan yang baru. Pelanggan biasanya me-refresh kendaraan lima tahun sekali," yakin Widya.

Dia bahkan menargetkan 100 persen pelanggan refresh atau mengandalkan para pengguna Vios sebelumnya untuk mengganti dengan yang baru. "Dengan keunggulan fitur tambahan dan harga Rp 230 juta sampai Rp 250 jutaan, kami yakin mereka tertarik," tandas Widya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan Diisi dengan komentar-komentar apapun kecuali yang Berbau SARA....makasihh

Pengikut